Penyebab Mimisan Dan Pengobatannya

Hidung adalah bagian dari tubuh kaya akan pembuluh darah (vaskular) dan terletak dalam posisi rentan karena menjorok di wajah. Akibatnya, trauma pada wajah bisa menyebabkan luka hidung dan perdarahan. Perdarahan mungkin sedalam-dalamnya, atau hanya suatu komplikasi kecil. Mimisan dapat terjadi secara spontan ketika selaput hidung mengering dan retak. Hal ini biasa terjadi di iklim kering, atau selama bulan-bulan musim dingin ketika udara kering. Orang-orang lebih rentan terhadap mimisan jika mereka mengambil obat yang mencegah pembekuan darah normal warfarin (Coumadin), aspirin , atau obat anti-peradangan. Dalam situasi ini, bahkan trauma minor dapat mengakibatkan perdarahan yang signifikan.

Insiden mimisan lebih tinggi selama musim dingin lebih dingin ketika infeksi saluran pernapasan atas lebih sering, dan suhu dan kelembaban berfluktuasi lebih dramatis. Selain itu, perubahan dari luar lingkungan dingin ke hangat, kering, pengeringan dan perubahan di dalam hidung yang akan membuatnya lebih rentan terhadap pendarahan. Mimisan juga terjadi di iklim kering panas dengan kelembaban rendah, atau ketika ada perubahan musim. Faktor-faktor berikut mempengaruhi orang untuk mimisan:

  • Infeksi 
  • Trauma, termasuk diri diinduksi oleh mengkorek hidung, terutama pada anak 
  • Alergi dan non-alergi rhinitis 
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi) 
  • Penggunaan obat pengencer darah 
  • Penyalahgunaan alkohol 
  • Penyebab yang kurang umum termasuk tumor dan faktor keturunan

Kebanyakan orang yang mengalami mimisan dapat menangani masalah tanpa perlu ke dokter jika mereka mengikuti rekomendasi pertolongan pertama di bawah ini: 

  1. Jepit semua bagian lunak dari hidung bersama antara jempol dan jari telunjuk. 
  2. Tekan dengan kuat ke arah wajah - mengompresi bagian mencubit hidung terhadap tulang wajah. 
  3. Bersandar ke depan sedikit dengan kepala miring ke depan. Bersandar atau memiringkan kepala ke belakang memungkinkan darah untuk dijalankan kembali ke sinus dan tenggorokan jika tidak hal ini dapat menyebabkan tersedak atau menghirup darah. 
  4. Tahan hidung dan tunggu selama 5 menit. Ulangi bila perlu sampai hidung berhenti berdarah. 
  5. Duduk dengan tenang, menjaga kepala lebih tinggi daripada tingkat jantung. Jangan berbaring atau meletakkan kepala di antara kedua kaki Anda. 
  6. Ambil batu es (dibungkus dengan handuk) dan kompres ke hidung dan pipi.


abis baca jangan lupa di like ya: