Membuat Ragi Tempe

Tempe adalah produk asli Indonesia makanan olahan dari kedelai (sojae), meskipun dalam kenyataannya banyak berbeda (jenis) seperti halnya cara membuat tempe, suhu dapat dibuat dari berbagai jenis biji kacang-kacangan lainnya seperti kedelai koro (koro dari pemarah), Tempe lamtoro (Cina bibit pisang / lamtoro), hijau Tempe kacang-kacangan, atau limbah / makan / makanan olahan kedelai seperti ampas gembus (ampas tahu), tempe bongkrek (kelapa daging), oncom (ampas + onggok tahu), atau dari bahan lain seperti kedelai kacang gusi. Nilai Gizi Tempe tidak memiliki keraguan, maka sangat makanan olahan kedelai direkomendasikan, yang akan dimasukkan dalam makanan keluarga sehari-hari, sebagai masukan nutrisi (tinggi protein, lemak, vitamin B, kalsium, zat besi dan serat yang siap untuk mencerna makanan) bagi tubuh, serta juga fungsi suhu sebagai makanan fungsional karena kemampuannya untuk mempertahankan yang sehat dan berguna untuk mengobati penyakit tertentu (seperti diare kanker,, hipertensi) serta antibiotik dan antioksidan di dalamnya isinya.

Diperlukan dalam pembuatan budaya tempe / starter / budaya suhu jamur / jamur suhu disebut inokulum / ragi; kultur jamur diperlukan dalam proses fermentasi kedelai gandum atau sejenisnya, sehingga akan membentuk tempe kompak dan penampilan menarik serta nilai gizi lengkap bila dibandingkan dengan nilai gizi kedelai. Jenis jamur yang tumbuh di Tempe adalah: Rhizopus oligosporus, R. oryzae, R. arrhizus dan Mucor rouxii (suhu Malang dan sekitarnya) atau R. oryzae dan R. stolonifer (suhu Hanya dan sekitarnya). Sementara tempe dari daerah Jakarta Mucor javanicus kapangnya, Trichosporum pullulans, dan Fusarium sp. Ada beberapa denominasi Tempe inokulum di pasar komunitas / sebagai ragi tempe, Laru, dan USAR, di mana setiap inokulum dapat diperoleh dengan membeli di pasar atau Primkopti atau kita bahkan dapat membuat sendiri. Ada banyak metode inokulum / ragi suhu, sebagai berikut:

A. Usar pembungkus daun Tempe Terbuat dari pembungkus daun kedelai (daun pisang, daun kembang sepatu, daun jati, dll) yang permukaan cetakan adalah suhu intrinsik, kering (sehingga mereka dapat disimpan), kemudian menggunakan permukaan daun cukup menempel dengan jamur di USAR- usarkan (dalam usap-usapkan/dibalurkan) dalam kedelai yang siap untuk fermentasi.

2. Usar daun Waru atau jati Pilih daun Waru (Hibiscus tiliaceus) atau jati (Tectona grandis) adalah permukaan daun bawah ditutupi dengan benang putih, jamur berbentuk; tempat yang tersisa dengan permukaan bawah menghadap ke atas, kemudian menyebar lapisan pada permukaan kacang kedelai direbus sampai empuk (cuaca dingin), lalu tutup dengan daun yang lain untuk menutup posisi bawah permukaan kedelai. Daun pasangan dibungkus dalam plastik yang telah digali dengan tongkat, biarkan fermentasi selama 12-24 jam. Setelah itu dikeringkan dan dapat digunakan untuk pembuatan suhu (misalnya, titik 1.)

3. Tempe kering ragi (tepung, tempe) Pilih jamur tempe telah berubah warna menjadi hitam (tempe segar disimpan beberapa hari), potong menjadi irisan tipis, matahari sampai kering, kemudian berbaur bubuk,. Saringan. Masukkan tepung yang telah dipanggang (rasio 1: 10). Tempe tepung bungkus dalam kantong plastik atau penggunaan disiapkan dengan mencampur kacang kedelai yang siap untuk fermentasi.

4. Tempe dari Yeast Rice / Beras Siapkan nasi (300 g), bungkil kedelai (3 g), nasi panggang (1,5 kg) yang dihaluskan / tepung berbasis. Cuci beras dan masak sampai beras menjadi kemudian dingin. Taruh nasi di tampah permukaan yang bersih merata, taburi dengan tepung, tempe beras, aduk rata, tutup dengan daun pisang atau plastik, biarkan fermentasi sampai semua permukaan ditutupi dengan nasi, hitam jamur (foil atau plastik kadang-kadang harus terbuka sehingga kelembaban tidak menetes pada nasi). Beras berjamur kering di bawah sinar matahari sampai kering blender sampai menjadi bubuk halus kemudian diayak. Campur ragi dengan tepung beras panggang (sekitar 10 g campuran ragi 50-100 g tepung beras), aduk rata, maka dalam kantong plastik, ragi siap digunakan. Penggunaan baking powder tempe / tepung untuk membuat tempe selama sekitar 2-3 g per 1 kg kedelai kering.

abis baca jangan lupa di like ya: