Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Manggis merupakan salah satu buah tropis yang paling populer, yang tumbuh terutama di lembab, iklim panas. Pohon Manggis adalah pohon cemara kecil, ditemukan di kepulauan Pasifik, Afrika dan Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Manggis biasa disebut dengan nama lain seperti Garcinia mangostana L., manggis, mangostan atau mangis. Hal ini karena bentuknya bundar, sekitar 2-3 inci diameter, berwarna ungu gelap  dengan daging yang lembut, putih, juicy. Buah manggis populer karena pengobatan. Ia menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, itu sebabnya dikenal sebagai 'Ratu buah'.

Manfaat dan Keuntungan:

Buah Manggis yang dikenal untuk rasa lezat serta untuk nilai gizi tinggi. Hal ini kaya serat dan karbohidrat. Hal ini juga berisi jumlah berlimpah vitamin seperti vitamin A, vitamin B2 dan B6 dan vitamin C serta mineral seperti besi, kalsium dan kalium. Buah manggis adalah sumber dari santon. Xanthone adalah kelompok senyawa polifenol alami seperti garcinone E, garconone B, alfa mangostin-dan beta-mangostin. Karena sifat antioksidan dari santon, mereka membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan mengendalikan efek buruk mereka. Antioksidan dapat menghambat proses penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengendalikan penyakit degeneratif seperti arthritis. Mereka juga dapat secara efektif digunakan untuk mengobati penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, penyakit jantung iskemik, trombosis dan hipertensi. Buah manggis juga populer untuk antijamur nya, antibakteri, sifat anti-kelelahan dan antihistamin. Karena anti-alergi yang sifat, dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai alergi. Anti-inflamasi nya  dapat meredakan rasa sakit linu panggul dan neuropati perifer.

Buah dan Jus Manggis dapat secara efektif digunakan untuk mencegah penyakit berbahaya yang berbeda seperti diabetes, kanker, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, migrain, penyakit jantung serta kondisi kesehatan kronis lainnya seperti demam, nyeri peradangan, tubuh dan depresi. Buah Manggis juga mendukung keseimbangan mikroba, meningkatkan fleksibilitas sendi, memelihara kesehatan usus, meningkatkan sistem pernafasan yang sehat dan memberikan dukungan mental yang positif.

Digunakan Sebagai Obat:

Selama berabad-abad, buah manggis telah digunakan untuk tujuan pengobatan seperti pengobatan tradisional Cina untuk mengobati berbagai penyakit. Mereka dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan mengobati infeksi yang berbeda. Kulit kering dalam buah manggis ini kaya akan tanin. Tannin diketahui memiliki sifat antiseptik dan zat. Kulit bubuk ini dan digunakan untuk mengontrol disentri. Ekstraksi kulit yang digunakan untuk menghilangkan kista, diare, sindrom iritasi usus besar dan gonore. Hal ini dapat diterapkan secara eksternal sebagai sebuah zat. Buah Manggis dapat digunakan dalam bentuk salep untuk menyembuhkan eksim, ruam kulit dan gangguan kulit lainnya. Sebuah ekstraksi akar pohon manggis adalah membantu dalam mengatur menstruasi.

Satu harus diingat bahwa santon dalam buah manggis dapat mengganggu proses normal pembekuan darah dan pada orang setelah obat pengencer darah seperti warfarin, dapat menyebabkan perdarahan. Jika diambil dalam dosis yang lebih tinggi, manggis dapat menyebabkan efek obat penenang. Meskipun efek samping, buah manggis tidak diragukan lagi merupakan sumber yang sempurna dari semua nutrisi penting. Hal ini dapat diambil dalam bentuk jus atau teh manggis atau suplemen manggis.

abis baca jangan lupa di like ya: